Efek Negatif Begadang Bagi Kesehatan

Blog Nya Mbah Kau

Efek Negatif Begadang Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -
Efek Negatif Begadang Bagi Kesehatan - Kalau kita perhatikan, banyak sekali anak muda seumuran Mbah #uhuk yang masih beraktifitas hingga larut malam dan bahkan hingga pagi menjelang entah itu untuk mengerjakan tugas kuliah, sekedar berkumpul dengan teman ataupun melakukan berbagai aktifitas lainnya. Apalagi sekarang ini banyak sekali operator seluler yang memberikan kuota internet berlimpah yang berlaku khusus di malam hari sehingga membuat para pelanggannya mau tidak mau harus begadang jika ingin menikmati internet sepuasnya. Yup, Mbah sendiri adalah salah satu "korban kuota" itu.

Dan pasti pemirsa pembaca sudah tau donk kalau begadang itu bikin mata ngantuk *yaiyalah, emak-emak galau juga tau kalee*. Persoalan seputar begadang ini sebenarnya sudah lama sekali menjadi sorotan karena memiliki beberapa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Bahkan Bang Haji Roma Irama pun sampai membuat lagu berjudul "Begadang" untuk menasehati agar kita menghindari aktifitas tersebut.
Begadang jangan begadang kalau tiada artinya..
Kenapa begadang itu dilarang Bang Haji Roma Irama tidak baik? Menurut beberapa sumber yang Mbah baca, ternyata memang aktifitas yang satu ini dapat menimbulkan berbagai gejala atau dampak yang tidak baik bagi tubuh kita mulai dari hal atau dampak yang sepele hingga dampak yang lebih serius.

Membuat penampilan kita menjadi buruk


Salah satu efek yang ditimbulkan akibat begadang adalah timbulnya jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktifitas yang satu ini dapat memperparah jerawat yang ada dan menimbulkan jerawat baru. Hal ini karena kurangnya waktu bagi tubuh untuk meremajakan kulit, dimana waktu terbaik untuk meremajakan kulit atau proses regenerasi adalah di malam hari. Hal itu juga menyebabkan wajah kita menjadi sedikit kusam dan berminyak serta memicu munculnya komedo. Selain jerawat, begadang juga dapat menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata atau bahkan kantong mata yang tentunya akan membuat wajah kita menjadi terlihat kurang menarik.

Kurang baik untuk otak


Otak kita adalah organ yang berfungsi untuk mengontrol tubuh kita dan tentu saja otak perlu beristirahat agar dapat bekerja optimal. Begadang akan membuat waktu istirahat otak kita akan berkurang, sehingga otak akan kelelahan yang mengakibatkan turunnya daya konsentrasi dan daya ingat. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa begadang adalah salah satu faktor yang dapat membuat kita kamu menjadi bodoh.

Tidak baik untuk mata


Berdasarkan pengalaman Mbah sendiri, begadang dapat menyebabkan mata kelelahan yang ditandai dengan mata kering. Mata kering dapat menimbulkan rasa kurang nyaman pada mata dan membuat mata menjadi sedikit perih alias sepet. Hal ini karena mata kita akan bekerja ekstra jika digunakan pada malam hari, karena kurangnya cahaya yang dibutuhkan untuk melihat dengan baik.

Nah sudah tau kan efek negatif dari begadang? Maka gak heran donk kalo Bang Haji Roma Irama sampai melarang kita untuk begadang. Nah mungkin itu saja yang bisa mbah sharing kali ini. Semoga bermanfaat.